Sukses

Haid Tidak Teratur & Suntik KB 1 Bulan

18 Oct 2014, 12:08 WIB
Wanita, 26 tahun.
Salam kenal dok Dok, pada bulan tgl 25 mei?14 saya pertama kali ber KB dgn menggunakan Kb suntik 1 bulan sekali., Pada tgl 16 juni?14 saya menstruasi dan tgl 24 juni?14 sya kembali suntik Kb., Tpi sampai sekarang tgl 19 juli?14 knp saya blm menstruasi y dok..? Sedangkan kata bidan sya kalu menggunakan KB suntik yg sebulan sekali tu menstruasinya lancar tiap bulannya? Bahkan sekarang sya sering sakit kepala dan terasa mual Tolong penjelasannya y dok?

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Suntik KB 1 bulan memiliki beberapa efek samping seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu,kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama).

Jika tidak nyaman dengan penggunaan KB maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya di kemudian hari. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Kami sertakan artikel: Keluarga Berencana untuk informasi Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar