Sukses

Takut Infeksi Menular Seksual

19 Oct 2014, 13:19 WIB
Wanita, 29 tahun.
Pagi dok, terimakasih untuk penjelasan nya, jika di tny sudah berhubungan ato tidak , iya saya dan dia sudah berhubungan setelah kami berhubungan dia mengeluhkan sakit tersebut dan setelah 3 ato 4 dari kami berhubungan dia bilang kalau saat dia buang air kecil itu keluar seperti nanah. apa saya juga berakibat kena dok? dan apa bahaya buat saya. saya merasa gatal di kemaluan saya yg bag dalam. mohon penjelasan nya. saya takut kalau ini serius penyakit nya. dan jujur saja kami terbatas dengan dana untuk pengobatan nya bisakah dokter memeberi kami saran atau alternatif. terimakasih sekali lagi.

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan dan gangguan berkemih, merupakan suatu pertanda adanya proses infeksi pada saluran kemih/kemaluan. Adapun infeksi yang dimaksud umumnya disebabkan oleh kuman yang dapat ditransmisikan melalui hubungan seksual seperti gonore, klamidia, dan kuman lainnya. Infeksi kuman yang berbeda menyebabkan jenis cairan yang berbeda. Diagnosis perlu ditentukan dengan pemeriksaan langsung.

Penyebab tersering kencing nanah adalah Gonorea/Raja singa. Gonore / Kencing Nanah / Raja Singa merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Infeksi Menular Seksual pada pria maupun wanita dapat dengan mudah dikenali lewat 3 gejala:

  1. Duh tubuh: cairan yang keluar dari kemaluan yang tidak normal. Pada wanita biasanya disebut keputihan. Cairan yang tidak normal biasanya warnanya kehijauan, keabu-abuan, berbusa.
  2. Nyeri berkemih, yaitu adanya keluhan saat buang air kecil seperti terasa sakit, perih, panas, anyang-anyangan.
  3. Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, dubur/anus. Benjolan tersebut dapat berupa jengger ayam di daerah sekitar dubur atau kemaluan, pembesaran kelenjar getah bening biasanya di daerah lipat paha atau bintik-bintik berair seperti cacar air di daerah kemaluan atau mulut.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Antibiotik yang diberikan dapat berupa suntikan atau obat minum yang diberikan dalam dosis tunggal. Salah satu syarat dalam pengobatan infeksi menular seksual adalah selama pengobatan sampai dinyatakan sembuh, suami Anda perlu melakukan abstinens (puasa melakukan hubungan seksual). Hal ini untuk memastikan agar tidak terjadi kekambuhan.

Selain itu, karena penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang ditularkan lewat hubungan seksual maka untuk menghentikan kekambuhan adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan/atau berganti-ganti pasangan. Pasangan seksual juga perlu dilakukan pemeriksaan dan diobati.

Penyakit ini dapat disembuhkan dan tidak memerlukan rawat inap. Pada pria, gonore dapat menyebabkan epididimitis (inflamasi pada saluran pengeluaran sperma) yang dapat menyebabkan kemandulan jika tidak ditangani dengan baik. Gonore dapat menyebar melalui darah dan sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa.

Kami sarankan Anda dan Suami melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut atau ke dokter di Puskesmas terdekat.

Untuk informasi lengkap Anda, Anda dapat membaca artikel berikut:

Gonore

3 Gejala dari Penyakit Menular Seks

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

Kondom Berkualitas Efektif Cegah PMS

Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual dalam Rongga Mulut

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)
 
Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar