Sukses

Dislokasi Sendi Lutut

19 Oct 2014, 22:50 WIB
Wanita, 22 tahun.
selamat pagi dok, saya mau tanya. tanggal 19 desember 2013 saya mengalami kecelakaan. menurut saya sih tidak begitu serius. waktu kecelakaan saya naik motor, kecelakaan akibat rem mendadak (laju kecepatan 50 km/jam). kemudian motor selip. pas jatuhnya itu motor menimpa kaki kiri saya dan terseret jarak kira2 1 meter saja. saat kecelakaan saya ada di Malang. ketika di ronsen, kata dokter sekilas tidak ada retakan (lutut), tapi setelah diamati ternyata ada sedikit disloc katanya. kata dokter ada 2 pilihan, dioperasi agar pulih sempurna atau di gip. karna saya takut akhirnya saya pilih di gip. saran dokter gip dilepas setelah 30 hari. tapi karna seminggu lagi saya harus masuk kuliah akhirnya selama 10 hari gip nya sudah saya lepas di rumah sakit Nganjuk. tapi sampai sekarang (19 Juli 2014) lutut saya masih terlihat sedikit bengkak. sering sakit jika terlalu lama dipakai jalan, terlalu lama menekuk, belum kuat lari bahkan belum kuat untuk dipakai topangan ketika naik tangga. saat lepas gip posisi kaki saya agak sedikit nekuk ke depan kira2 3 cm, bisa lurus normal saat saya duduk posisi kaki lurus kedepan tapi rasanya sakit. beberapa kali saya coba pijat urat dan saya bawa ke sangkal putung katanya sudah tidak apa2. tapi kok bengkaknya tetap ada dan masih sakit ? kira2 gimana ya dok ? terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dislokasi sendi lutut berarti adanya pergeseran antar  tulang kaki bagian bawah dengan tulang paha. Tulang-tulang tersebut bergeser dr letak seharusnya. Tulang-tulang yang berada di sekitar lutut dihubungkan dengan sebuah jaringan yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi untuk menstabilkan antar tulang. Dislokasi dapat terjadi jika adanya robekan di salah satu ligamen.

Gejala yang dapat timbul adalah nyeri hebat pada daerah lutut, terkadang bisa hilangnya sensasi rasa di bawah lutut. Pada lutut yang bergeser dapat terjadi pembengkakan yang berasal dari cairan di dalam lutut dan biasanya sangat nyeri bila digerakkan.

Pada kasus dislokasi sendi, imobilisasi merupakan salah satu step dalam tatalaksananya. Dokter Anda menganjurkan untuk memasang gips  untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya pergeseran serta mencegah sendi lutut tertekuk. Sehingga penyembuhan jaringan disekitarnya dapat lebih cepat. Jika hal ini tidak dilakukan bengkak pada daerah sendi lutut akan lama sembuhnya dan Anda akan tetap merasa nyeri, karena seharusnya sendi lutut Anda belum boleh mengalami banyak pergerakan. Anda disarankan untuk tidak memberi beban berat pada sendi lutut Anda dan diharuskan memakai pelindung jika akan melakukan aktivitas berat.

Hampir sebagian besar dislokasi sendi lutut membutuhkan operasi rekonstruksi karena sekitar 21-32% kasus melibatkan  kerusakan pada arteri kerusakan ligamen. Setelah pengobatan yang sesuai dan operasi, lutut dapat kembali hampir seperti normal, meskipun nyeri terkadang masih dapat dirasakan. Pada pasien dengan dislokasi sendi lutut, kesembuhan akan lebih optimal dengan adanya rehabilitasi.

Kami sarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis bedah tulang , agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai untuk kasus Anda. Kami sarankan pula Anda untuk tidak sembarang mengurut sendi yang dislokasi karena dapat mengakibatkan perburukan. Selalu kontrol dan konsulkan kondisi Anda ke dokter yang menangani Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar