Sukses

Sinar Matahari Membuat Kulit Gelap, Bagaimana Mengatasinya?

18 Oct 2014, 02:02 WIB
Pria, 17 tahun.
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya Apakah kulit tangan dan kaki kita jika terkena sinar matahari yang cukup menyengat dapat membuat kulit menjadi lebih gelap? Kalau iya bagaimana ngembaliin agar kulit kita kembali seperti sebelumnya dok? Terimakasih

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi. Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat timbul bercak-bercak hitam pada kulit, kemerahan seperti terbakar, atau jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit.

Kulit yang hitam akibat sinar matahari dapat kembali lagi namun biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, disarankan Anda memakai sunblock yang mengandung SPF 30. Sunblock yang mengandung SPF 30 akan melindungi kulit Anda selama 300 menit (5 jam). Selanjutnya Anda dapat mengulangi pemakaian sunblock kembali. Sunblock ini pun aman dipakai di muka. Rajinlah selalu mencuci muka Anda 2-3 kali perhari, terutama setelah pulang bepergian.

Mungkin yang lebih tepat adalah mencerahkan kulit Anda yang kusam karena terkena sinar matahari. Anda dapat membaca beberapa artikel kami mengenai tips merawat wajah, memilih sunblock, dan banyak artikel lain yang terdapat di Rubrik Kecantikan di halaman depan website.

Untuk pemakaian krim-krim pemutih yang mengadung zat-zat tertentu, silakan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu mengenai jenis kulit Anda.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar