Sukses

Benjolan di Leher, Ketiak, Pundak dan Tangan

20 Oct 2014, 10:52 WIB
Pria, 39 tahun.
Dok, pada tahun lalu ada benjolan diantara pundak dan leher sebelah kanan saya sebesar bakso, saya sempat periksakan ke dokter bedah, karena pada saat itu kondisinya seperti bisul dan kemudian pecah mengeluarkan cairan seperti nanah. Sayangnya saya menghentikan pengobatan saya sampai tahap rontgen thorax, saya tidak kembali lagi. Sampai akhirnya benjolan tersebut sdh kempes, tapi meninggalkan bekas luka. Saat ini ada benjolan lagi di ketiak sebelah kiri dan di punggung tangan kiri dipangkal jari telunjuk dan jari tengah, ini yg sangat mengganggu karena sewaktu-waktu membesar seperti meradang, sehingga tidak bisa di kepal tangan saya, nyut nyut rasanya. Benjolannya kalau di tekan2x tidak sakit. Saya lakukan tes asam urat pada saat benjolan itu meradang, tetapi hasilnya normal, namun kolestrolnya yg cukup tinggi 247.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher dan pundak. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Benjolan pada tangan juga banyak sekali penyebabnya, dapat karen asam urat, penyakit rematik, gangguan kulit, tumor dan lain sebagainya.

Sulit sekali bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan wawancara terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang atas keluhan Anda. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar