Sukses

Perlekatan & Penutupan Saluran Tuba Falopi

18 Oct 2014, 20:07 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok,sy mau nanya... Sy sdh menikah 1,5 thn dan br menjalani HSG. Hasil HSG: 1. Cavum uteri normal 2. Tuba falopi kanan tampak dilatasi dan pooling contrast di segment distal, peritoneal spillage (-) 3. Tuba falopi kiri: contrast hanya mengisi segment proximal hingga mid, peritoneal spillage (-) Kesimpulan: 1. Hydrosalphynx kanan 2. Oclusi tuba falopi kiri. Yg ingin sy tanyakan: 1. Mohon penjelasan terkait hasil HSG sy di atas. 2. Apakah dengan hasil di atas sy msh bs hamil mengingat sy masih blm dikaruniai keturunan Thx

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hidrosalphynx terjadi akibat sumbatan pada saluran telur wanita (tuba fallopii) dan terisi cairan (hidro). Melebarnya tuba akibat cairan ini bisa bervariasi dalam ukuran tergantung jumlah cairan yang ada. Jadi Hydrosalpinx tuba kanan artinya perlengketan dari tuba kanan, umumnya terjadi karena infeksi dari saluran tuba. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, riwayat operasi sebelumnya, penyakit TBC, dan perlekatan akibat endometriosis dan kanker di sekitar tuba. Oclusi tuba falopi kiri artinya tuba falopi mengalami penutupan di bagian kiri. Efeknya ovum tidak mencapai rahim, sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan ovum. 

Hydrosalpinx tuba memang ditangani dengan cara operasi yaitu membuka saluran tuba secara langsung . Namun apabila terjadi kerusakan yang berat pada saluran tuba dimana sel telur tidak dapat keluar meskipun sudah dikoreksi dengan operasi, maka sebaiknya dipertimbangkan cara lain yang tidak melibatkan saluran tuba untuk dapat hamil. Diantaranya adalah program IVF (In Vitro Fertilization) atau dikenal dengan program bayi tabung.Namun program IVF pun memiliki beberapa persyaratan apabila ingin dilakukan. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar