Sukses

Pertumbuhan Anak Terganggu

20 Jul 2014, 00:29 WIB
Wanita, 15 tahun.
pertumbuhan anak saya mengalami gangguan, padahal dari segi gizi sudah sangat tercukupi, saya sudah bawa ke dokter gizi tetapi belum ada perubahan. apakah ini suatu penyakit dan bagaimana cara penyembuhannya agar pertumbuhan anak saya kembali normal? terimakasih atas penjelasannya.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, namun sebelum membicarakan mengenai faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, sebaiknya kita tengok terlebih dahulu definisi dari tumbuh kembang anak. Hal ini penting agar orang tua dapat mengetahui dan menilai akan keterlambatan yang dialami oleh si buah hati. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ  atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada setiap individu.

Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu  faktor genetik / keturunan, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Pertumbuhan dan perkembangan terutama berkaitan dengan status gizi, keseimbangan cairan serta dipengaruhi oleh pola hidup dan pola lingkungan. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

Berapa usia Anak Anda saat ini? Berapa berat badan anak Anda? Hal hal semacam ini sangat diperlukan dalam mengevaluasi keterlambatan dari tumbuh kembang anak Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda agar diketahui dengan pasti penyebab dari kondisi yang dialami buah hati Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Anak Sulit Makan

Mengatasi Anak Sulit Makan

Untuk informasi lebih jelasnya anda dapat membuka artikel berikut ini Tumbuh Kembang Anak.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AK)

Salam, 


Tim Redaksi Klik Dokter


0 Komentar

Belum ada komentar