Sukses

Penyumbatan Saluran Indung Telur

18 Oct 2014, 17:21 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dear Dokter, sya mempunyai masalah penyumbatan saluran indung telur pada bagian kanan dan kiri sehingga sulit untuk terjadinya pembuahan. Sya sudah menikah 2 thun namun blm jg hamil. Langkah apa yg harus sya lakukan dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda sudah melakukan deteksi dengan cara Hysterosalpingogram (HSG)? jika sudah dan memang dideteksi adanya penyumbatan saluran indung telur. Biasanya dokter akan memberikan pilihan hidrotubasi, operasi pemotongan tuba falopi atau bayi tabung. Namun pilihan ini pun tidak memberikan keberhasilan yang signifikan. Pilihan bayi tabung adalah usaha terakhir yang bisa dilakukan apabila sudah melakukan usaha-usaha lain. 

Hidrotubasi kita kenal juga sebutan terapi ‘tiup”. Hidrotubasi adalah proses memasukkan cairan yang berisi obat yang terdiri dari antibiotik, steroid dan antispasmodik ke dalam rahim dengan alat hidrotubator untuk menilai kelancaran masuknya cairan di saluran tuba. Terapi ini bisa dilakukan beberapa kali tergantung tingkat perekatan yang terjadi pada saluran indung telur. Zat yang digunakan bisa langsung mengobati dan membuka penyumbatan.

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dan diskusi secara langsung dengan dokter yang sebelumnya memeriksakan Anda, atau bisa melakukan second opinion mengenai penanganan yang tepat setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang secara menyeluruh. Kemungkinan hami tetap ada, tetap berdoa dan berusaha. Bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dan suami dapat segera dianugerahi buah hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar