Sukses

Sesak Napas, dan Riwayat TIA

19 Jul 2014, 23:27 WIB
Pria, 43 tahun.
Selamat pagi Dokter,,bulan september tahun lalu 2013 saya mengalami serangan TIA ( Istilah kedokteran katanya serangan stroke mendadak )dan sekarang saya sudah sembuh,tapi sekarang saya sering mengalami gejala gejala jantung berdebar gak karu2an disertai dengan gejala sesak nafas ( kadar oksigen yang saya hirup tipis sekali ) jika hal ini terjadi maka tindakan awal saya adalah mengunjungi Rumah sakit terdekat dan minta bantuan pernafasan melalui oksiger yang ada di rumah sakit tersebut, jelang sekitar 15-20 menit, pernafasan saya normal kembali dan detak jantung saya juga normal kembali. Yang mau saya tanyakan disini adalah kenapa hal ini bisa terjadi dan tindakan lanjutan untuk menyembuhkan nya bagaimana ya dokter ? Soalnya saya sudah konsultasi( termasuk tes EKG dan Treadmill) dengan beberapa Professor ahli jantung yang ada di medan dan jawabannya tidak ada masalah dengan jantung saya, saya jadi bingung karena jawabannya tidak sesuai dengan keluhan yang saya alami. Mohon petunjuk dari dokter untuk hal ini ya, mudah2an dapat memberikan jawaban yang meredakan hati ini. Sekian dan terima kasih. Salam, Lietongli/rudy
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami, Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan mengenai Transient Ischemic Attack (TIA). TIA merupakan serangan akut neurologis yang diakibatkan karena hambatan aliran darah pembuluh darah otak. Gejalanya dapat berupa kelemahan tubuh satu sisi, kesemutan, kehilangan penglihatan, sulit berbicara, atau kebingungan yang terjadi tiba-tiba. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga 24 jam. TIA merupakan faktor risiko untuk terjadinya stroke. 

Mengenai sesak napas, Anda juga harus paham tentang apa itu sesak napas, dan penyebabnya.

Definisi :

Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Namun sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Berdasarkan keterangan yang kami berikan, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda?  Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Jika ya cobalah untuk kurangi rokok dan menjalani pola hidup lebih sehat. Kurangi makanan berlemak karena akan menambah beban pada jantung Anda. Mulai coba untuk berolah raga ringan, agar Anda mendapatkan kebugaran tubuh Anda kembali.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar