Sukses

Menangani Bekas Luka Kecelakaan

19 Oct 2014, 15:25 WIB
Pria, 29 tahun.
Seminggu yang lalu saya jatuh dari motor. Luka lecet di lutut sudah kering. Sementara luka dekat jempol kaki kanan kadang-kadang masih keluar cairan semacam darah kotor dan sekitar luka agak bengkak. Bagaimana cara mengatasinya dok?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid). Bekas luka seperti apa yang Anda maksud?

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. 

Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka anda juga akan membentuk keloid.  Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Saran kami, Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter Anda dapat memeriksa langsung kondisi luka dan mengevaluasi keluhan Anda. Dari hasil pemeriksaan, dokter dapat mengetahui apakah luka Anda terinfeksi atau tidak dan akan ditentukan tindakan apa yang diperlukan, apakah hanya perlu pemantauan dan pengobatan atau memang diperlukan pengobatan penanganan infeksi. Hal ini tidak dapat ditentukan tanpa pemeriksaan fisik langsung terhadap kondisi luka Anda.

Selain itu, untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan rawatlah luka dengan rutin dan teratur setiap hari.

Semoga Anda cepat sembuh. Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar