Sukses

Rambut Rontok dan Berketombe

19 Jul 2014, 13:52 WIB
Pria, 26 tahun.
Salamat pagi dok,, Saya mau konsoltasi tentang kulit kepala yang dah lama ketombe dok, Trus saya pakai sampho apapun tetap ketombe itu keluar,,trus rambut Saya apabila saya potong pendek ketombe itu hilang tapi selang satu bulan rambut panjang ketombe muncul lagi..itu obatnya apa dan belinya dimana?? Terus yg kedua kadang di paha muncul bintik merah terus kering berwarna putih kayak ketombe itu obatnya apa?? terus ada lagi tp ni di luar masalah kulit mau tanya obat penumbuh rambut dan perontok rambut namanya apa?? Ada lagi ni juga diluar kulit obat diet ada gak terus namanya apa dok?? Maaf dok bnyk yg dtnyaain terus yg 2 pertanyaan di luar area kulit.. ttlong di bantu..terus harga obat obat itu sekitaran berapa harganya dan cara pemakaiannya gmn.. trima kasih dah di beri kesempatan konsultasi...
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Ketombe

Ketombe disebabkan oleh jamur. Ketombe yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung.

Ketombe seringkali menyebabkan rambut rontok, maka dari itu yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi ketombe. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar. 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari.

Mohon maaf kami tidak dapat merekomendasikan sebuah produk tertentu apalagi menyebutkan harga didalam forum ini karena akan melanggar kode etik kami sebagai seorang dokter.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar