Sukses

Fraktur Tulang

18 Oct 2014, 17:06 WIB
Pria, 35 tahun.
saya mengalami kecelakaan patah tulang paha saya u 7bln tp tulang paha saya blm nyambung obat calsium apa yg cocok! Sampai brp lama saya bs berjalan normal tp tongkat? Trims atas jawabanya

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat ini penanganan apa yang sudah dilakukan pada Anda?  

Berikut penanganan bila terjadi fraktur:

1. Untuk menghilangkan rasa nyeri.

Nyeri yang timbul pada fraktur bukan karena frakturnya sendiri, namun karena terluka jaringan disekitar tulang yang patah tersebut. Untuk mengurangi nyeri tersebut, dapat diberikan obat penghilang rasa nyeri dan juga dengan tehnik imobilisasi (tidak menggerakkan daerah yang fraktur). Tehnik imobilisasi dapat dicapai dengan cara pemasangan bidai atau gips.

·         Pembidaian : benda keras yang ditempatkan di daerah sekeliling tulang.

·    Pemasangan gips : merupakan bahan kuat yang dibungkuskan di sekitar tulang yang patah, Untuk menghasilkan dan mempertahankan posisi yang ideal dari fraktur.

Bidai dan gips tidak dapat mempertahankan posisi dalam waktu yang lama. Untuk itu diperlukan lagi tehnik yang lebih mantap seperti pemasangan traksi kontinyu, fiksasi eksternal, atau fiksasi internal tergantung dari jenis frakturnya sendiri.

2. Penarikan (traksi) :

Menggunakan beban untuk menahan sebuah anggota gerak pada tempatnya. Sekarang sudah jarang digunakan, tetapi dulu pernah menjadi pengobatan utama untuk patah tulang paha dan panggul.

Fiksasi internal :

Dilakukan pembedahan untuk menempatkan piringan atau batang logam pada pecahan-pecahan tulang.

3. Agar terjadi penyatuan tulang kembali

Biasanya tulang yang patah akan mulai menyatu dalam waktu 4 minggu dan akan menyatu dengan sempurna dalam waktu 6 bulan. Namun terkadang terdapat gangguan dalam penyatuan tulang, sehingga dibutuhkan graft tulang.

4. Untuk mengembalikan fungsi seperti semula

 

Imobilisasi yang lama dapat mengakibatkan mengecilnya otot dan kakunya sendi. Maka dari itu diperlukan upaya mobilisasi secepat mungkin.

 

Untuk mempercepat pertumbuhan tulang juga dibutuhkan asupan kalcium dan vitamin D di dalam tubuh, semuanya bisa didapatkan didalam bahan alami berikut ini yang dapat Anda konsumsi sehari-hari.  

Makanan dan minuman yang dimaksud diantaranya ialah:

1. Yoghurt

2. Susu

3. Keju

4. Ikan Sarden

5. Telur

6. Ikan Salmon

7. Bayam

8. Sereal oatmeal

9. Ikan Tongkol

10. Sawi Hijau

11. Jeruk. Kandungan vitamin C didalam jeruk dapat mempercepat penyerapan kalsium di dalam tubuh

12. Susu kedelai

 

13. Brokoli

Mengenai berapa lama Anda akan memakai tongkat, tergantung dari tingkat keparahan fraktur yang Anda alami, coba konsultasikan keluhan yang Anda rasakan ke dokter spesialis bedah tulang. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar