Sukses

Badan Bertambah Gemuk saat Bulan Puasa

17 Jul 2014, 17:02 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok, bulan puasa ini saya bertambah gemuk saja. padahal sudah olaraha teratur dan makan-makanan yang bergizi. solusi agar tidak bertambah berat badannya bagaimana ya dok ? terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Penyebab tersering peningkatan berat badan saat bulan puasa adalah makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur. Seringkali kita merasa harus mengganti makanan untuk sehari penuh saat berbuka, padahal bukan seperti itu. Makanlah dengan porsi seperti biasannya. Logikanya, jika kita makan 2x dengan porsi biasa pasti berat badan tetap atau turun, bukan bertambah.

Selain itu perhatikan juga jenis makanan yang dimakan saat berbuka. Memang sebaiknya berbuka dengan yang manis karena dapat mengembalikan energi dengan cepat. Namun pilihlah kurma atau buah yang memiliki rasa manis alami. Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula dan tinggi lemak (sirup, kue, kolak, gorengan, jeroandsb), makanan inilah yang bisa membuat berat badan bertambah. Makanan tinggi kalori dan karbohidrat seringkali disajikan saat berbuka dan sahur.

Pilihlah makanan yang lama dicerna dan memberikan rasa kenyang lebih lama seperti nasi merah/gandum. Pastikan juga selalu ada buah dan sayur di setiap menu makan Anda. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyerapan kolesterol. Yang penting juga, cukupi kebutuhan cairan. Saat puasa, kebutuhan cairan kurang dan bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi minumlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur, air mineral jauh lebih baik daripada sirup dan minuman manis lainya.

Untuk informasi lebih lanjut seputar kesehatan di bulan Ramdadhan berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar