Sukses

Perdarahan menjelang Menopause

19 Oct 2014, 13:28 WIB
Wanita, 23 tahun.
ibu saya sudah berumur 50thn, sampai saat ini masih menstruasi teratur setiap bulannya, hanya saja terkadang masa menstruasinya terlalu lama bisa lebih dari 10hari, dan ketika menstruasi sering sekali mengeluarkan gumpalan darah yang besar2 sekali, bahkan terkadang saat menstruasi darah mengalir tanpa berhenti dari vaginanya, sehingga membuat takut dan lemas, apakah itu normal dok ? ibu saya pernah konsultasi dengan bidan tapi hanya diberikan obat penambah darah saja dan kata bidan itu merupakan tanda akan menopouse. Apakah ada obat untuk menghentikan darah yang keluar terus menerus jika selama menstruasi darah mengalir trs. mohon bantuannya dok..terima kasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Ibu Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi. Jika terjadi setelah masa menopause maka memerlukan perhatian lebih khusus.

Metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah : 

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Kami sarankan Anda segera membawa Ibunda tercinta untuk mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan segera sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat segera.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Terapi Hormon Aman untuk Awal Menopause

Yoga Selamatkan Wanita Menopause

Menopause

Sulih Hormon Atasi Menopause

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter



 

0 Komentar

Belum ada komentar