Sukses

Air Liur/ Saliva Berlebih Saat Puasa 2

19 Oct 2014, 14:07 WIB
Wanita, 19 tahun.
Assalammualaikum,, selamat siang dok.. dokter saya mempunyai masalah mengenai saliva yang berlebihan disaat puasa. biasanya saat tidak berpuasa saya tidak mengalami hal seperti ini. bagaimanakah langkah yang harus saya lakukan? apakah ada hubungannya dengan gusi yang selalu berdarah? dan adakah hubungan pula dengan keturunan diabetes? seingat saya.. puasa tahun lalu atau setiap puasa lainnya saliva saya tidak terlalu berlebihan seperti sekarang ini... -___- ditunggu jawabannya dok ^^ thanks dokter..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Air liur atau saliva diproduksi dari kelenjar saliva yang berada di bagian mulut dan rahang. Produksi saliva di bawah pengaruh Sistim Saraf Autonom yang berarti tidak dapat dikendalikan secara sadar. Hipersalivasi atau peningkatan saliva dapat diakibatkan peningkatan produksi atau kurangnya saliva. Penyebab hipersalivasi diantaranya adalah asupan gandum berlebih, penyakit refluks gastroesofageal, pankreatitis, penyakit hati, ulkus atau luka dan infeksi pada mulut dan obat-obatan tertentu,dll. Untuk mamastikan apakah penyebab dari hipersalivasi yang Anda alami terkait puasa atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan serta anamnesa/ tanyajawab secara langsung dengan dokter gigi Anda.

Terapi untuk hipersalivasi tergantung dari penyebabnya masing-masing. Untuk itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa terapi yang tepat untuk anda.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Saliva atau Air Liur

 Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Drg. Arni Maharani.

0 Komentar

Belum ada komentar