Sukses

Rahang Berbunyi Setiap Makan

16 Jul 2014, 15:38 WIB
Pria, 19 tahun.
dok, saya mau tanya, setiap kali sya makan, rahang saya bu yi krek krek. bagai mana cara mengobati rahang saya? dan saya harus berkonsutasi ke dokter spesialis apa?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan pemaparan Anda, keadaan tersebut dapat diarahkan pada gangguan sendi rahang. Gangguan sendi rahang atau TMJ disorder  (TMD) mempunyai  gejala yang khas yaitu kesulitan dalam membuka menutup mulut, dan gejala- gejala khas lainnya yang timbul pada gangguan ini meliputi gerak rahang yang terbatas, gerakan buka tutup mulut yang tidak sesuai jalur atau ada deviasi, Sakit pada daerah wajah, sakit  pada leher, sakit pada sekitar sendi rahang, bunyi seperti bunyi krek yang dapat disertai atau tidak disertai sakit pada saat membuka dan menutup mulut, rasa sakit atau tidak nyaman pada saat mengunyah makanan, kekakuan pada rahang, perubahan posisi gigitan gigi atas terhadap gigi bawah,dan  ada pula  gejala lain yang tidak spesifik seperti sakit pada telinga, kepala dan punggung.

Saya sarankan Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis Prosthodonti di rumah sakit, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara seksama karena bila ternyata memang terdapat kelainan atau kondisi yang abnormal pada sendi rahang Anda, setidaknya dapat lebih mudah untuk ditangani bila terdeteksi sedini mungkin.

Saudara bisa mendapatkan informasi lebih mengenai fisioterapi pada keadaan ini diartikel kami Oral Fisioterapi Bagi Pasien Kelainan Sendi Rahang.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar