Sukses

Kulit Kering, Berair & Gatal

16 Oct 2014, 19:33 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dear Ibu / Bapak Dokter Yth, saya ingin bertanya. ini tentang ibu saya, ibu saya sudah bolak balik ke dokter kulit. masalah yang dialamai beliau adalah , kulit jari tangannya sering terkelupas, kadang berair dan gatal. sudah ke dokter dan pake obat salep, sembuh tapi bisa kambuh lagi. berulang ulang seperti itu sampai akhirnya tidak ke dokter lagi dan hanya pake obat salep kulit. Kata dokter yg memeriksa , alergi dan kulit tangannya tipis dan sensitif. Apa kiat mengatasi hal ini? beliau sering terpapar air sabun (namanya ibu rumah tangga banyak mencuci) , air dan sekarang berpantang makan seafood krn takut alergi. pertanyaan saya kenapa setelah sembuh, bisa kambuh lagi dan cara agar tidak kambuh lagi sakitnya itu bagaimana , Dok? Terima kasih atas bantuannya. Rgds Novi di medan

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda sampaikan dapat disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, iritasi. Namun untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung. Tangan yang sering terpapar bahan kimia atau air dapat teriritasi pada beberapa orang dengan kulit yang lebih sensitif. Dalam dunia medis, dugaan mengarah kepada dermatitis kontak iritan. Jadi, selama masih terpapar dengan air dan deterjen (apapun jenisnya-karena kandungannya kurang lebih sama), maka keluhan dapat terus menerus hilang timbul. Dasar penyebab dari dermatitis kontak iritan adalah alergi sehingga penanganan terbaik adalah dengan melakukan penghindaran. Sebagai contoh, apabila ibu Anda sensitif terhadap sabun pembersih, maka selama ibu Anda selalu terpapar dengan air sabun, maka keluhan akan selalu hilang timbul. 

Jika kulit tampak teriritasi kemerahan dan meradang dapat menggunakan salep kortikosteroid terlebih dahulu. Selain itu juga perlu diberikan pelembab yang dapat dibeli di pasaran bebas. Dan sebaiknya selalu melindungi tangan dari sumber-sumber iritasi yang menyebabkan kulit tangan gatal-gatal berair. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca:

Serba-serbi Gangguan Kulit & Kelamin

Kami menyarankan ibu Anda kontrol kembali ke dokter kulit untuk evaluasi pengobatan. Diagnosis kelainan kulit harus dilihat secara langsung sehingga kami tidak dapat menentukan penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar