Sukses

Anemia Dalam Kehamilan

16 Jul 2014, 09:38 WIB
Wanita, 30 tahun.
Salam sejahtera, Dok, istri saya sekarang sedang hamil dengan usia kandungan 36 minggu. Setelah cek HB, hasilnya hanya 8,5 g/dL. Mengingat biasanya kelahiran 38 minggu, berarti istri saya hanya punya waktu 2 minggu untuk menaikkan kadar HB. Cara/Obat/Suplemen terbaik apa yang bisa dengan cepat menaikkan kadar HB minimal sampai kadar normal paling rendah, Dok? PS: Tadi sora istri saya diberikan suplemen Prenamia. Terima kasih atas perhatiannya. Salam, Fathur Rohman
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Pada kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang dapat mempengaruhi asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat.

Selain mengkonsumsi suplement yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan besai atau asam folat, seperti sayur, buah, daging, susu, roti. Namun tetap harus dilihat kebersihan makanan-makanan tersebut. Kami juga menganjurkan agar Istri Anda perbanyak istirahat dahulu. 

Anemia yang terus berlanjut hingga proses persalinan dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang mungkin terjadi seperti tonus kontraksi (gerakan) rahim yang lemah serta pendarahan selama kehamilan. Kami sangat menganjurkan bila memang sebelum persalinan Hb masih rendah, harus melakukan persalinan di rumah sakit, dan juga jaga-jaga bila perlu melakukan transfusi darah agar golongan darah istri Anda disiapkan. 

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap selama masa kehamilan.

Kami juga menganjurkan agar Anda dapat konsultasi kembali Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk penanganan lebih lanjut. Kami doakan agar persalinan istri Anda lancar dan dikaruniai dengan Anak yang sehat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar