Sukses

Gigi Depan Berlubang dan Kehitaman

18 Oct 2014, 23:58 WIB
Wanita, 23 tahun.
Saya mau tanya apakah gigi depan yg sudah kropos bisa di lakukan penambal sesuai warna dan betuk gigi yg sama dokter? Apabila kropos nya sudah terlihat hitam
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gigi yang berlubang sejatinya harus dirawat dengan bantuan dokter gigi guna mengembalikan fungsi dan mencegah terjadi kerusakan yang lebih lanjut, juga mengembalikan nilai estetiknya terutama pada gigi depan. Bisa tidaknya gigi tersebut dirawat sangat bergantung pada tingkat keparahan dan kedalaman lubang pada gigi tersebut, dan juga pada seberapa banyak jaringan gigi sehat yang masih tersisa. Jika lubang gigi belum terlalu dalam, masih bisa ditambal biasa dengan bahan tambal sewarna gigi. Namun jika sudah terlanjur dalam dan mencapai rongga yang berisi pembuluh darah dan syaraf atau kamar pulpa, maka tidak bisa lagi ditambal namun harus terlebih dulu dilakukan perawatan syaraf. Perawatan syaraf pada umumnya tidak dapat selesai dalam satu kali kunjungan. Setelah itu baru gigi tersebut diperbaiki, misalnya dengan dipasangkan mahkota gigi tiruan yang terbuat dari bahan porselen.

Saya sarankan Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi, agar gigi tersebut dapat segera dirawat sebelum kerusakannya terlanjur parah. Jika mahkota gigi sudah rusak parah, dan gigi sudah tidak dapat dipertahankan maka dengan sangat terpaksa gigi tersebut harus dicabut dan digantikan dengan gigi tiruan. Selama gigi tersebut masih bisa dirawat, maka pencabutan adalah pilihan terakhir.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Rupa-rupa Tambalan Gigi (5 Juli 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar