Sukses

Batuk Saat Hamil

15 Jul 2014, 16:07 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dear Dokter, usia kehamilan saya sekitar 6 - 7 minggu. Sudah 2 hari ini saya batuk berdahak. Sudah saya tahan2 agak tidak batuk, tapi terkadang refleks batuk keras. Dahaknya kental, agak kuning kehijauan. Saya minum jeruk nipis + madu, juga kumur air garam krn tenggorokan sakit sekali. Saya takut minum obat, meskipun kata bidan OBH itu aman diminum. Yang ingin saya tanyakan, apakah guncangan batuk ini berpengaruh pada janin saya? Terima kasih Dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Dari cerita yang anda ceritakan sepertinya Anda menderita ISPA. ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah.  Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influenza, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Selama kehamilan terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pilihlah obat yang aman bagi kehamilan Anda. Obat batuk yang terbukti aman untuk kehamilan adalah obat yang terbuat dari bahan alami, yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, atau di Indonesia dikenal dengan istilah obat batuk hitam. Obat batuk yang juga aman untuk kehamilan (khususnya pada kehamilan muda) adalah yang mengandung senyawa dextrometrophan (DM) serta senyawa glyceril guayacolat (GG) untuk pengencer lendir. Guncangan batuk tidak dapat mempengaruhi kehamilan. Janin dilindungi oleh placenta yang sangat kuat sehingga guncangan seperti batuk tidak dapat berpengaruh terhadap kehamilan. 

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kehamilan untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar