Sukses

Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Asrama

18 Oct 2014, 07:23 WIB
Pria, 21 tahun.
selamat siang dokter. Saya mau tanya dok. . Rata rata yang dari asrama (sekolah) punya penyakit gatal2, seperti cont0h, diselakangan kelamin. Atau kadang di kaki, dll.. Bagaimana cara mencegah bagi yang mau hdup di asrama, dan juga bagaimana cara mg0bati bagi untk terjangkit.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit kulit yang biasa terjadi di asrama adalah budukan, atau dalam bahas medisnya skabies. Skabies penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Scabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptesnya.

Gejala Penyakit Scabies ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi yang berbau anyir. Rasa gatal tersebut akibat kaki sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.

Penyebab Penyakit Scabies adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.

Pengobatan skabies adalah dengan mengoleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih.  Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. 

 

Karena scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprai, handuk, bantal, air, atau sisir yang masih ada kutu sarcoptesnya, yang pernah digunakan penderita dan belum dibersihkan. Oleh karena itu pencegahannya adalah tidak memakai baju, seprei, bantal dan sisir bersamaan dengan orang lain satu asrama. 

Jika ada yang terkena scabies hal lain yang perlu dilakukan selain pengobatan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang.

Berikut ini kami sertakan artikel yang kami miliki yang dapat Anda baca untuk informasi lebih lengkap mengenai Skabies.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar