Sukses

Nyeri Ulu Hati & Perut Kiri

19 Oct 2014, 20:40 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dokter, saya mengalami nyeri di daerah sekitar perut mulai mei lalu. Awalnya saya kira hanya masuk angin, tapi kemudian nyeri semakin parah sampai saya terpaksa tidak masuk bekerja selama 3 hari. Saya sudah berobat ke dokter dan diagnosanya hanya maag. Karena bagian ulu hati dan perut sebelah kiri yang sakit, tapi kadang nyeri nya menjalar sampai ke bagian bawah perut. Saya sudah minum obat maag secara teratur sebelum makan, juga spasminal seperti yang diresepkan dokter tsb. Tapi tidak ada perubahan yang signifikan. Sampai saat ini yang sering saya lakukan untuk mengurangi nyeri hanya dengan menekankan botol kaca berisi air hangat ke daerah sekitar pinggang, tanpa mengonsumsi obat-obatan lain. Dua hari sebelum saya mengeluhkan ini, saya melakukan olahraga pada pukul 11 siang tanpa sarapan. Apakah ini termasuk penyebab keluhan saya itu dok? Dan adakah sesuatu yang bisa saya lakukan untuk membuat nyerinya benar-benar hilang dan tidak kambuh lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda (nyeri ulu hati, sesak napas, mual, muntah) memang dapat disebabkan karena adanya masalah pada saluran cerna. Dokter Anda mengatakan bahwa Anda mengalami sakit maag. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Bila Anda terkena gastritis maka selain pengobatan oleh dokter maka Anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Jika Anda mempunyai riwayat gastritis sebelumnya dan berolahraga tanpa sarapan, kemungkinan hal tersebut merupakan penyebab keluhan yang Anda rasakan. Jika keluhan berlanjut dan Anda rasakan sangat mengganggu, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

6 Makanan Perparah Maag

Beda Sakit Maag dan GERD

Mual dan Muntah

Nyeri Lambung Gejala Gastritis

Tips Cegah Tukak Lambung

Dispepsia

Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar