Sukses

Kanker Darah, Myelofibrosis

17 Oct 2014, 22:35 WIB
Pria, 28 tahun.
Dear dokter Dokter ayah saya pernah menagalami anemia yang parah.Lalu dirawat di ruamah sakit dan transfusi darah hingga 6 kantong. Kata dokter yang menangani, ayah saya terkena penyakit myelofibrosis.Sekarang keadaan ayah saya sudah cukup membaik.Pertanyaan saya: 1. Test apa saja yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyakit myelofibrosis 2. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan 3. Masa penyembuhannya berapa lama dan ada saja tretment yang perlu dilakukan 4. Dokter spesialis darah mana yang bagus di Surabaya untuk kasus ini Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk Anda, ayah Anda dan keluarga.

Myelofibrosis adalah suatu kelainan sumsum tulang yang serius yang mengganggu proses produksi sel darah normal. Hasilnya adalah jaringan parut yang luas pada sumsum tulang sehingga terjadi anemia yang berat, tubuh yang lemah, rasa lelah dan letih, dan sering juga menyebabkan pembesaran hati dan limpa.

Myelofibrosis adalah tipe leukemia kronik (kanker yang mempengaruhi pembentukan darah dalam tubuh) yang jarang.

Pemeriksaan yang biasanya dilakukan meliputi:

  • Pemeriksaan Fisik. Pemeriksaan fisik lengkap perlu dilakukan, meliputi pemeriksaan pembesaran kelenjar getah bening, limpa dan perut.
  • Pemeriksaan darah meliputi pemeriksaan sel darah merah, sel darah putih, trombosit.
  • Pemeriksaan pencitraan termasuk rontgen dan MRI untuk mengetahui keadaan tulang dan jaringan lunak.
  • Pemeriksaan sumsum tulang dengan biopsi dan aspirasi untuk memastikan diagnosis.

Hingga saat ini belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit Myelofibrosis. Sama seperti penyakit kanker lainnya, yang dapat dilakukan oleh dunia medis adalah untuk mengontrol dan mengendalikan penyakit ini.

Bila pasien belum memiliki gejala maka biasanya yang dilakukan hanyalah pengawasan. Bila telah terjadi gejala seperti anemia atau pembesaran limpa maka dilakukan penanganan anemia dan juga limpa yang membesar dengan obat-obatan atau operasi. Beberapa pilihan terbaru yang perlu didiskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda adalah transplantasi sumsum tulang atau sel punca. Saat ini Anda perlu membawa ayah Anda untuk berobat ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialisasi hematologi-onkologi.

Untuk mencari dokter, Anda dapat menggunakan fitur direktori Cari Dokter yang kami miliki di halaman depan website ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar