Sukses

Gangguan Haid & Suntik KB

16 Oct 2014, 16:08 WIB
Wanita, 31 tahun.
saya ingin brtanya ttg kb. saya baru memakai suntik kb 3 bulan di bidan desa.Selama 3 bulan,saya haid terus-menerus. stlh itu saya konsultasi ke bidan desa, dan bidan mnyarankan agar ganti suntik kb jenis lain. saya menyetjuinya. tyta suntik kb yg baru ini tetep haid terus sampai skrg. Suntik kb yg trakhir ini masih belum habis masa suntiknya (masa akhir dr suntik kb ini sampai 30 juli). pertanyaan saya, bagaimana solusi mnrt dokter? Alat kb apa yg sesuai dengan saya? mohon penjelasannya sejelas2nya dan solusinya. trimakasih atas bantuan dr dokter.

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultaaasi Klikdokter.

KB suntik tergolong sebagai KB hormonal. KB jenis ini memiliki salah satu efek samping  perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Kami sertakan artikel untuk informasi Anda lebih lanjut:

Keluarga Berencana 

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

 
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar