Sukses

Ruam Merah, Campak?

18 Oct 2014, 11:24 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok.anak saya 1thn tpi penyakitnya terusan habis kenak batuk sesak sembuh kenak muntaber sekarang anak saya kenak campak.atau istilah jawanya gabag.. apa obat campaknya,?pdhl sudah divaksin campak.bentuk campak anak saya seperti jerawat dok..mohon solusinya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah pada kulit anak, antara lain :

1.     Campak/Rubeola

2.     Campak jerman/Rubella

3.     Roseola

4.     Viral Exantem

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit anak. Anak yang menderita penyakit campak dan roseola biasnya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Pada beberapa kasus infeksi virus, anak dapat mengalami demam tinggi, lalu saat demamnya turun muncul bercak-bercak merah ditubuh, dan hal ini akan hilang dalam waktu beberapa hari. Bintik merah pun dapat muncul pada beberapa penyakit seperti demam berdarah. 

Anak dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam. Mungkin anak Anda memang mengalami campak jerman.

Namun untuk memastikannya kembali sebaiknya Anda membawa anak Anda kembali ke dokter Anak untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap ruam-ruam merah yang muncul.

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh virus jadi sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tidak memerlukan antivirus. Pengobatan yang diberikan tergantung dari keluhan yang timbul sehingga anak dapat merasa lebih baik. Sebagai contoh anak demam dapat diberikan antipiretik. Disamping itu, biarkan anak mendapat istirahat yang cukup dan berikan cairan yang cukup pada anak untuk mempercepat sembuhnya penyakit. Yang paling penting adalah nutrusi anak Anda baik, serta anak Anda masih aktif. 

Ketiga penyakit tersebut memang mudah menular, sejak sebelum ruam muncul hingga beberapa hari setelah ruam muncul. Karena itu, jauhkanlah anak anda dari anak-anak lain dan dari ibu hamil. Infeksi rubela (campak jerman) pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada janin di dalam kandungannya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar