Sukses

Ruam Merah Kulit

16 Jul 2014, 20:31 WIB
Pria, 19 tahun.
Dok,kulit saya gatal ruam kemerahan pada bagian telapak tangan, wajah, sekitar kaki,dan tubuh.Saya mengalami gejala tersebut setelah sembuh dari penyakit pertama saya yaitu meriang dan sakit tenggorokan.Kira-kira saya terkena penyakit apa dan bagaimana cara penyembuhannya? Mohon penjelasannya-terima kasih

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda merasakan gatal atau nyeri pada ruam merah? Bentuk ruam padat atau tidak?

Terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah, antara lain :

1.     Campak/Rubeola

2.     Campak jerman/Rubella

3.     Roseola

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak. Pasien yang menderita penyakit campak dan roseola biasnya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Pada beberapa kasus infeksi virus, pasien dapat mengalami demam tinggi, lalu saat demamnya turun muncul bercak-bercak merah ditubuh, dan hal ini akan hilang dalam waktu beberapa hari. Bintik merah pun dapat muncul pada beberapa penyakit seperti demam berdarah. 

Pasien dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam. Mungkin anak Anda memang mengalami campak jerman.

Namun untuk memastikannya kembali sebaiknya Anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap ruam-ruam merah yang muncul.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar