Sukses

Angina Pectoris & Serangan Jantung

19 Oct 2014, 10:07 WIB
Wanita, 44 tahun.
Ty ya dok, sy sdh kateter jantung hslnya pembuluh darah sy bengkok atau patah krn kelainan. Istilah dr nya Angina Pectoris, pertanyaannya apkh sy bs kena serangan jantung? Apkh sy hrs mnm obat seumur hidup? Kt dr sy, tdk bs di apa2in. Benarkah? Kalo sy tdk mnm obat berbahayakah? Trima kasih utk jawabannya.

Ibu/ Saudari yang terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Angina pectoris adalah nyeri dada atau perasaan tidak nyaman pada dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran oksigen ke pembuluh darah jantung akibat adanya penyempitan pembuluh darah yang memperdarahi jantung. Penyebab utama adanya penyempitan pembuluh darah adalah karena adanya tumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Bila tumpukan lemak yang tadinya menempel di dinding pembuluh darah tersebut lepas dan berpindah serta menyumbat pembuluh darah secara mendadak maka hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung. Selain itu kelainan bentuk pembuluh darah juga dapat menyebabkan angina pectoris.

Pengobatan penyempitan pembuluh darah jantung memang tidak singkat dan membutuhkan pengobatan jangka panjang. Pengobatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya perburukan penyempitan pembuluh darah dan serangan jantung. Penanganan dimulai dengan perubahan gaya hidup seperti hindari merokok, makanan berlemak dan kolesterol tinggi, serta mulailah rutin berolahraga.Selain itu dokter akan memberikan obat-obatan yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah. Terapi utama pada kasus penyempitan pembuluh darah adalah dengan memperbaiki aliran darah di pembuluh darah jantung dengan pemasangan balon kateter ataupun operasi jantung

Untuk mengetahui lebih pasti mengenai kondisi Anda, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Kami sarankan Anda tetap mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter Anda untuk menghindari terjadinya perburukan dari penyakit Anda.

Berikut kami berikan tautan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda:

7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung

Mengurangi Serangan Jantung dan Stroke Dengan Diet

Waspadai Nyeri Dada Waspadai Serangan Jantung

5 Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar