Sukses

Jerawat Membandel

14 Jul 2014, 21:58 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok saya perempuan usia 21 tahun. saya memiliki masalah pada kulit wajah berjerawat. saya menggunakan perawatan dari dokter. saat 2 minggu pertama pemakaian kulit dan jerawat saya mengelupas lalu menjadi bersih. namun saat menginjak 1 bulan yg bertepatan dengan masa menstruasi, muncul jerawat yg besar besar dan merah di daerah pipi. saya pikir itu efek menstruasi namun hingga 2 minggu setelah menstruasi jerawat tidk kunjung hilang dan malah bertambah. saya ingin tanya dok apakah ini proses purging atau breakout? perawatan apa yang harus saya lakukan? terimakasih

 Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani Anda. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat" untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar