Sukses

Haid Tidak Berhenti Setelah Suntik KB

20 Oct 2014, 07:28 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok,Saya baru 3 bulan habis melahirkan, setelah 40 hari saya langsung KB suntik. Haid pertama saya udah hampir 2 bulan ini belum juga selesai, apa itu normal Dok?. Trimakasih atas penjelasannya.

 Ibu/ Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultaaasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang dirasakan Anda. Sebagai informasi, terdapat 2 jenis KB suntik, yaitu KB suntik setiap 3 bulan dan KB suntik setiap 1 bulan. KB suntik jenis manakah yang Anda gunakan? 

KB suntik tergolong sebagai KB hormonal. KB jenis ini memiliki salah satu efek samping  perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Kami sertakan artikel untuk informasi Anda lebih lanjut:

Keluarga Berencana 

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

Pil KB Dapat Mengurangi Risiko Endometriosis

Coca Cola untuk Kontrasepsi?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

 

0 Komentar

Belum ada komentar