Sukses

Benjolan di Dagu dan Belakang Leher

19 Oct 2014, 14:13 WIB
Pria, 21 tahun.
selamat siang dok, saya ingin tanya dok, di daerah dagu-leher saya akhir-akhir ini banyak benjolan kecil namun tidak terlalu sakit jika disentuh, apakah itu jerawat atau yang saya takutkan kelenjar getah bening? terakir juga ada benjolan agak besar di bawah telinga kanan saya bagaimana cara membedakan jerawat dan benjolan kelenjar getah bening? terimakasih dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis benjolan yang Anda memang memerlukan pemeriksaan fisik dan dilihat langsung. Apakah benjolan membesar dan mengecil? Bagaimana kepadatannya? Berapa ukurannya?

Jerawat cenderung kecil dalam ukuran, kadang nyeri dan disertai dengan kemerahan. Jerawat dapat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah dan juga infeksi. Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening cenderung lebih besar dalam ukuran, biasanya nyeri bila dipegang, dapat disertai kemerahan juga. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, belakang telinga yang seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Jika infeksi di sekitar daerah leher sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter terdekat dalam menyangkut diagnosis benjolan Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar