Sukses

Kulit Kepala Merah & Ketombe

19 Oct 2014, 07:23 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalamualaikum dok, disini saya ingin menanyakan tentang kondisi yang dialami kaka saya, dimana beliau sejak SMA kls XI mengalami gatal2 sprti alergi pada kulit kepalanya dg warna seperti gatal kemerahan pd kulit kplanya stlh bbrp hari bekas gatal merah tsb berubah menjadi berbentuk ketombe & diikuti dg kerontokan rambut .Dan hal tsb sering terjadi pada kulit kepalanya. Setahu sy tdk ada dr kturunan kluarga km xg mnglmi hal tsb.Brbgai obat & shampo herbal khusus dcba untk mengobati namun ttp sj tdk ada perubhn.kira2 obt ap yg dpt mmbntu pnymbuhannya.Dmn kk sy skrg tlah berumur: 26th, berjenis kelamin: laki2, T.B.:175CM,BB: 67kg & lajang Teima aksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ketombe disebabkan oleh jamur. Ketombe yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung.

Ketombe seringkali menyebabkan rambut rontok, maka dari itu yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi ketombe. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar. 

Bila hal-hal tersebut telah kakak Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala kakak Anda atau penyebab lain yang mendasari. 

Berikut kami lampirkan artikel mengenai rambut rontok dan ketombe:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar