Sukses

Hubungan Nyeri Pinggang dengan Infeksi Usus

20 Oct 2014, 07:50 WIB
Wanita, 30 tahun.
Selamat pagi Yth. Dokter, sy wanita usia 30 thn. Sy punya riwayat penyakit infeksi usus besar yg sempat sampai rawat inap. Sblm pnykt ini muncul ke permukaan, sdh ada gejala lain yg muncul duluan, yi nyeri pinggang. Sempat mengira berhub dgn pnykt ginjal, tp stlh usg, hasilny negatif, kedua ginjal sy normal dan dlm keadaan sehat. Tdk lama rasa nyeri nya mulai parah, tdk hanya di pinggang lagi, tapi sudah ke area perut. Sampai akhirny sy tumbang dan masuk rs. Stlh usg dan cek darah ke dktr internist, hasilny sy kena infeksi usus besar. Stlh rawat 2 hr, sy berangsur pulih, ajaibny dgn sembuhny infeksi usus besar sy, nyeri pinggang pun hilang tanpa bekas. Pertanyaan sy : mengapa nyeri pinggang dpt berhubungan dgn pnykt lambung ya Dok? Mohon penjelasan detail ttg hub nyeri pinggang dgn infeksi usus besar. Trm ksh bnyk Dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh beberapa sebab (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menjalar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih (referred pain), misal pada dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan.

Di samping sebab di atas, nyeri pinggang dapat juga disebabkan oleh radang usus buntu, divertikulitis (radang divertikel pada usus), maupun Crohn disease. Namun, itu merupakan jenis nyeri yang tidak khas, yang dapat disebabkan karena nyeri rujukan dari daerah usus ke daerah pinggang atau karena juga mungkin terjadi peradangan pada tulang belakang yang dapat terjadi pada Crohn disease, yang terjadi pada usus besar.

Namun, untuk bisa mengetahui dengan pasti, perlu diketahui dengan jelas jenis infeksi usus besar. Karena, kemungkinan lain adalah nyeri pinggang Anda merupakan keluhan dari organ lain seperti otot atau tulang yang tidak berhubungan dengan infeksi usus besar namun terjadi bersamaan dengan infeksi usus besar Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (JF)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar