Sukses

Kb Suntik 3 Bulan & Gangguan Menstruasi

11 Jul 2014, 13:13 WIB
Wanita, 34 tahun.
Selamat mlm klik dokter saya mau bertanya saya mempunyai adik ipar dia ikut KB suntik yg 3 bln sekali setelah melahirkan anak pertama,namun stlah anaknya berusia 4th dia ingin pnya anak lagi,tpi stalah dia stop kb suntik sdh hampir 1,5th dia belum punya anak lagi krn dengan kb trsbut smpai dia berhenti dia belum pnah haid lagi dok...peetanyaan saya apa ada pengaruhnya dengan kb yg 3blan krn semenjak kb dia gak pernah haid lagi smpai skr...mohon pencerahannya dok trimakasih sblumnya...

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar