Sukses

Urtikaria

09 Jul 2014, 21:59 WIB
Wanita, 27 tahun.
Assalamualaikum dokter,saya mengalami urtikaria sejak saya masih SD dan sampai sekarang saya 27 tahun masih sering kambuh.paling sering disebabkan karena udara dingin saat musim pancaroba, kalau makanan hanya alergi terhadap seafood saja.saya sampai bingung bagaimana harus menanganinya.karna penyakit ini sangat mengganggu saya khususnya saat saya sedang berkatifitas..dari kecil saya sudah mengkonsumsi antihistamin.mulai dari CTM,dextamine,cetirizine.tapi smakin kesini semakin tidak berpengaruh obat2an itu.apalagi sekarang saya sedang menyusui saya tidak lagi berani mengkonsumsi obat2an itu karena takut berpengaruh terhadap produksi ASI saya.hanya saya diamkan saja..sambil menahan rasa gatal diseluruh tubuh hampir setiap hari saya rasakan.bisakah saya menyembuhkan penyakit ini dok? apabila ada terapi yang bisa menyembuhkan penyakit ini,terapi apa yang bisa saya lakukan? trima kasih dok atas jawabannya..Wassalam..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Nampaknya yang Anda alami adalah Urtikaria. Urtikaria atau dikenal awam sebagai biduran memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. LIngkungan : udara dingin /panas
  3. Makanan
  4. Gigitan/sengatan serangga
  5. Trauma fisik
  6. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  7. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  8. Gangguan emosional
  9. Faktor keturunan
  10. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode hilang timbul? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Obat alergi yang diminum jangka panjang, efeknya individual dan biasanya mencakup rasa mengantuk, lemas dan lesu. Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah dan menyembuhkan gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan faktor pencetusnya.

Hidup dengan alergi memang bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Berolah raga teratur juga dapat membantu mengatasi alergi sehingga lebih terkontrol. Cobalah untuk melakukan tips-tips di atas terlebih dahulu dan lihatlah perkembangannya. Berikut kami berikan artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Urtikaria


Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar