Sukses

Trombosit Pecah?

18 Oct 2014, 21:25 WIB
Pria, 43 tahun.
dok saya tanya..apa yang dimaksud dengan trombosit pecah..sementara dalam tubuh kita tidak mengalami luka sma sekali..apayang menjadi penyebabnya trimakasih slam sehat

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Secara alami pada saat terjadi luka, tubuh akan mengeluarkan trombosit. Trombosit pecah menjadi keping darah terjadi pada proses pembekuan darah. Pembekuan terjadi secara otomatis ketika tubuh mengalami luka untuk mencegah tubuh kehilangan darah. Trombosit akan dipecah oleh enzim trombokinase yang akan mengubah protrombin menjadi trombin melalui bantuan vitamin K dan ion kalcium. Lalu trombin mengubah fibrinogen (larut dalam plasma darah) menjadi fibrin (tidak larut dalam plasma darah) yang berbentuk benang-benang halus. Benang-benang halus ini menjerat sel-sel darah merah dan membentuk gumpalan sehingga darah membeku untuk menutupi luka tersebut sehingga luka yang tadinya terbuka akan tertutup.

Mengenai pertanyaan Anda trombosit pecah saat tidak terjadi luka. Luka dalam hal ini bukan luka yang terlihat saja, perdarahan di dalam tubuh juga bisa mengaktifkan mekanisme pecah nya trombosit. Sampai saat ini kami belum menemukan penyakit yang bisa menyebabkan hal tersebut selain adanya proses luka. Yang ada hanya penyakit yang menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit di dalam tubuh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga beranfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar