Sukses

Himen Dapat Menutup Kembali?

19 Oct 2014, 23:49 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok,saya mau tanya,apakah benar jika wanita sudah melakukan hubungan sex pertama kali artinya sudah diperawani kalau dalam kurun waktu 3-4bulan tidak melakukan hubungan sex akan kembali perawan?dan hymen akan menutup kembali?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam). Hymen yang sudah robek tidak dapat menutup kembali secara alami.

Himen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak. 

Walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini ukuran seseorang masih perawan atau tidak adalah bukan dari masih utuhnya himen atau tidak. Tetapi definisi keperawanan sendiri hilang saat seseorang sudah melakukan hubungan intim. 

Saat ini terdapat cara untuk mengembalikan hymen menjadi utuh seperti semula, yaitu dengan cara operasi untuk mengembalikan hymen ke bentuk semula atau membuat lapisan hymen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan hymenoplasty yang terbagi atas 2 :

  1. Simple hymenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula

  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar