Sukses

Penanganan Stretchmark

07 Jul 2014, 15:57 WIB
Wanita, 21 tahun.
garis merah dipaha seperti stretchmarks dok, saya paha saya sudah sekitar 2 bulan ini ada garis-garis merah. dulunya garis-garis putih / stretchmarks, tapi setelah saya mengusapkan bawang putih parut di garis-garis putih/ stretchmarks itu, tiba-tiba setelah beberapa minggu garisnya itu berubah jadi warna merah hati, dan sampae sekarang sudah beberpa bulan tetap seperti itu,. mohon solusinya dok saya harus bagaimana untuk menghilangkannya.. terimakasih :)

Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Sekilas kami akan membahas mengenai strech mark, yaitu suatu bentuk jaringan parut pada kulit yang disebabkan oleh robekan lapisan dermis kulit yang dapat berubah warna.

Strech mark umumnya terjadi akibat peregangan kulit dalam waktu singkat terkait proses pertumbuhan cepat (pubertas), peningkatan berat badan dan perubahan hormonal (misalnya pada kehamilan atau pembentukan otot), penggunaan obat-obatan golongan steroid, atau pada beberapa kasus, penarikan paksa kulit secara kuat melebihi elastisitas kulit. Selain itu, timbulnya strech mark dapat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Pada awalnya, strech mark umumnya timbul sebagai garis kemerahan atau keunguan, yang akan menipis dan berubah warna menjadi lebih pucat/putih setelah 6 bulan. Pada perabaan, daerah yang terkena akan terasa cekung dan lembut. Strech mark dapat timbul di mana saja, namun terutama pada daerah-daerah yang lebih banyak menyimpan lemak seperti perut, lengan, ketiak, paha, panggul, dan bokong. Keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan iritasi akibat pemakaian bawang putih yang menimbulkan bekas iritasi dengan penampakan kulit menjadi merah hati (hiperpigmentasi) saat ini. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Menghilangkan strech mark termasuk hal yang sulit dilakukan karena pada dasarnya lesi ini terbentuk akibat kerusakan elastisitas kulit yang tidak dapat dihilangkan 100%. Akan tetapi strech mark dapat diminimalisir menggunakan krim secara teratur (mengandung vitamin A, vitamin E, extra virgin coconut oil) disertai tindakan-tindakan medis seperti dermabrasi, laser, hingga pembedahan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar