Sukses

Penanganan Tuberkulosis Kutis

07 Jul 2014, 12:06 WIB
Wanita, 27 tahun.
terdapat benjolan seperti bisul diantara payudara, sudah 2x dioperasi tetapi tetap muncul kembali, dan menurut hasil lab terdapat penyakit TB Kulit. saya sudah menjalani terapi TB Kulit selama 6bln dan masih melanjutkan, tetapi kenapa benjolannya masih tetap ada,sering pecah dan muncul kembali. apa lagi yang barus saya lakukan?saya harus berobat ke dokter spesialis apa??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas izinkan kami membahas mengenai tuberkulosis kutis. Kuman Mycobacterium tuberculosa dapat menyerang kulit. Infeksi tuberkulosis pada kulit tersebut dapat merupakan kelanjutan dari infeksi di organ dalam (paru-paru, kelenjar getah bening, tulang) ataupun dari luar tubuh melalui proses infeksi langsung. Infeksi tuberkulosis pada kulit ini dapat berupa infeksi primer pada kulit (tuberculous chancre) atau infeksi sekunder.

Infeksi sekunder inilah yang paling sering terjadi dan dapat berupa banyak manifestasi yaitu:

  1. Tuberkulosis kutis Verukosa
  2. Skrofulderma
  3. Tuberkulosis Orifisialis
  4. Lupus Vulgaris
  5. Tuberkulosis Gumma
  6. Tuberkulosis Milier Akut
  7. Infeksi Akibat BCG
  8. Tuberkulid
  9. Lichen Scrofulosum
  10. Nodular Vasculitis

Dalam pengobatan tuberkulosis, untuk mencapai hasil yang baik hendaknya diperhatikan syarat-syarat yaitu pengobatan harus dilakukan secara teratur tanpa terputus agar tidak cepat terjadi resistensi dan pengobatan harus dalam kombinasi. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter yang telah memberikan Anda terapi sebelumnya atau melakuan second opinion dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar