Sukses

Cepat Lelah dan Capek

19 Oct 2014, 08:56 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok sya mau tnya nich,knpa ya sya cpt bnget capek?pdhal sya udah brhnti mrokok.dan apa obatnya agar sya tdk cpt capek lgi.makasi dok
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah baru kali ini saja Anda sering lelah atau sudah beberapa lama? Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap. 

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen yang dasar dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik.

Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Namun sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Berdasarkan keterangan yang kami berikan, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah karena pilek yang Anda rasakan? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Oleh karena itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda: 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter  


0 Komentar

Belum ada komentar