Sukses

Blister di Payudara

09 Jul 2014, 16:12 WIB
Wanita, 32 tahun.
Sore dokter.sy ibu menyusui.putri sy usia19bulan.keluhan sy sdh hampir6bln ini puting payudara sblh kiri trdapat bercak putih sprti yg mau pecah.kadang timbul dan hilang sndiri.rasanya sakit waktu mnyusui.sy sdh periksa k dokter obsgyn tp blm sembuh jg.waktu itu sy dberi antibiotik,pereda nyeri dan saleb.nyeri yg sy rasakan itu terasa sampai ketiak dan tangan.tp saya raba tidak ad benjolan d payudara.perlu d ketahui lidah anak saya tidak rata sprti ada jamur dpinggir2 lidahnya.apakah itu berpengaruh trhdp puting dan payudara saya?apa yg harus sy lakukan dokter?mohon jawabannya trimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan keluhan yang Anda alami adalah lepuh atau blister pada payudara akibat terjadinya sumbatan pada saluran ASI. Terjadi biasanya karena perlekatan dan teknik pengisapan bayi yang kurang baik.  Pencegahan terbaik adalah kita dapat memastikan apakah perlekatan bayi ke payudara dan teknik pengisapan sudah benar atau belum. Karena masalah utama dari puting lecet adalah kedua hal diatas.

Berikut cara untuk membuat bayi menempel ke payudara :

·  Buat diri Ibu senyaman mungkin dengan memakai bantal di belakang punggung atau bantal yang menyangga lengan saat menyusui.

·  Gendong bayi sampai batas dada sedekat mungkin dengan Ibu (perut bayi dan ibu saling bertemu).

·  Goda bayi untuk membuka mulut nya dengan lebar, bisa dengan cara mengusap bibir bayi dengan puting susu.

·  Jika mulut bayi sudah terbuka lebar, masukan puting susu ibu pada mulut bayi dan dekap bayi agar lebih dekat begitu dia mengisap puting sampai seluruh areola ibu masuk ke mulut bayi.

 

Ketika bayi sudah menempel ke payudara ibu, langsung periksa teknik penghisapan nya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah ;

·   Pastikan bayi mengisap areola ibu hingga jarak satu inci

·  Penghisapan yang benar adalah bibir atas dan bawah bayi terbuka secara benar. Bibir bayi yang menempel pada kulit ibu harus terlipat ke luar. Kalau tidak, tarik rahang bawah bayi.

·  Seluruh rahang bayi bergerak saat dia menghisap.

·  Ibu dapat mendengar suara bayi menelan air susu.

·  Ibu tidak ada rasa sakit atau nyeri saat menyusui.

 

Penanganan puting blister ;

  • Lakukan kompres panas pada payudara, kemudian pijat spiral secara lembut di area sekitar sumbatan menuju puting. Bisa dilakukan juga saat mandi dengan air hangat.
  • Lakukan pengosongan payudara sesering mungkin.
  • Bayi disusui mulai dengan payudara yang salurannya tersumbat.
  • Hindari menggunakan sabun pada area puting karena tindakan ini akan menghilangkan minyak pelumas (yang membersihkan dan melindungi puting) dan membuat kekeringan area puting dan puting menjadi retak.


  • Jika keluhan di area puting masih ada dan blister belum membaik, konsultasikan dengan dokter Anda.

Lidah bayi Anda yang putih bukan penyebab keluhan di puting Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar