Sukses

Apakah IPT Penyakit Keturunan?

20 Oct 2014, 08:31 WIB
Pria, 19 tahun.
malam dok, saya mau tanya apakah autoimmune khususnya ITP merupakan penyakit keturunan/ beresiko diturunkan? terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Purpura trombositopenia idiopatik (autoimmune thrombocytopenic purpura; morbus Wirlhof; purpura hemorrhagica) merupakan sindrom klinis berupa manifestasi perdarahan (purpura, petekie, perdarahan retina, atau perdarahan nyata lain) disertai trombositopenia (penurunan jumlah trombosit).

PTI merupakan gangguan perdarahan yang sering dijumpai pada anak usia 2-4 tahun, lebih sering pada wanita. PTI dapat dibagi menjadi akut dan kronik. PTI akut biasanya sembuh sendiri dalam 6 bulan, sedangkan PTI kronik, sering ditemukan pada usia < 1 tahun atau > 10 tahun.sedangkan pada orang dewasa,ITP sebagian besar diderita oleh wanita muda.Tapi dapat pula terjadi pada siapa saja. umumnya dihubungkan dengan kelainan imun yang umum.
 
Merujuk pada pertanyaan Anda, apakah ITP merupakan penyakit keturunan ? jawabannya masih belum diketahui, terkait dengan namanya idiopatik yang artinya penyebabnya belum diketahui. Namun terdapat beberapa penelitian yang menerangkan bahwa terdapat keterkaitan munculnya PTI pada pasien dengan riwayat keluarga PTI. Namun faktor genetika ini merupakan salah satu faktor resiko saja, bukan penyebab utama terjadinya PTI.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar