Sukses

Hormon Tiroid T3 Rendah

19 Oct 2014, 09:19 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok saya coba Screen shot hasil tiroid, http://prntscr.com/3zjnrk kata dokter di RSHS, katanya tinggal minum obat neurobion Bcommplex. tapi dah sebulan gejala letih dan pegal2 di ototnya ngak hilang2 kemudian kemarin saya coba bawa hasilnya ke RS Imanuel, dan kata mereka saya kena Hipotiroid. saya mau tanya dok klo T3 kita rendah itu bisa di sebut hipotiroid?

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hasil pemeriksaan darah Anda : 

T3 0,4 nmol/L (dibawah nilai normal)

fT4 dan TSHs dalam batas normal. 

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hormon T3 yang rendah bisa dikategorikan hipotiroid. Namun diagnosa suatu penyakit membutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap, wawancara medis dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). 

Kekurangan hormon tiroid (hipotiroid) yang dapat disebabkan oleh tiroiditis (radang kelenjar tiroid), resistensi hormon tiroid, dan eutiroid sick syndrome. 

Gejala yang mungkin muncul, antara lain:
- Kelelahan
- Peningkatan sensitivitas terhadap dingin
- Sembelit
- Kulit kering
- Peningkatan berat badan
- Suara serak
- Kelemahan otot
- Peningkatan kadar kolesterol darah
- Nyeri, kekakuan dan pembengkakan pada sendi
- Periode menstruasi tidak teratir
- Penipisan rambut
- Denyut jantung lambat
- Gangguan memori
- Depresi

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter Anda.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar