Sukses

Lambung Terasa Panas

20 Oct 2014, 00:28 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok, saya pernah kedokter utk memeriksakan maag saya dan diberi obat maag dgn merk dexanta, tp akhir2 ini lambung saya terasa panas dan sakit hingga kepinggang, apakah maag saya ini termasuk kronis? Dan apa obat yg paling baik? Skian terimakasih

 erima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatoiran yang Anda rasakan. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. 

Pengobatan gastritis antara lain dengan pemberian Antasid yang mempunyai fungsi untuk menetralisir asam lambung, Acid blocker yang berfungsi mengahambat produksi asam lambung, Proton pump inhibitor yang berfungsi sebagai penghambat sekresi asam lambung. Namun pemberian terapi sebaiknya harus berdasarkan pemeriksaan fisik sebelumnya dan melalui pengawasan dokter. Obat yang sudah Anda konsumsi dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan dan sebaiknya tetap diteruskan.

Yang harus diketahui juga bahwa penanganan utama dari gastritis adalah perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Untuk itu, jika keluhan yang Anda rasakan sangat mengganggu, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

6 Makanan Perparah Maag

Beda Sakit Maag dan GERD

Mual dan Muntah

Nyeri Lambung Gejala Gastritis

Tips Cegah Tukak Lambung

Garam Berperan Dalam Resistensi Hipertensi

Mengatasi Hipertensi Dengan Diet Sehat

 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar