Sukses

Tangan Ibu Terasa Nyeri

04 Jul 2014, 17:37 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat siang, dok.. Umur mama saya 62 tahun.. Dan mama saya suka mengeluh bila telapak tangan dia dikepal terasa sakit.. Apakah hal tersebut berhubungan dengan asam urat atau lainnya, dok?? Terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, tangan tersusun atas komponen otot, tulang, sendi, saraf, dan ligamen (jaringan fibrosa yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya). Setiap gangguan yang terjadi pada komponen-komponen tersebut dapat menyebabkan timbulnya keluhan nyeri pada pergelangan tangan. Sayang informasi yang kami dapatkan masih sangat terbatas, mengingat perlunya dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisis langsung dan penunjang (sesuai indikasi) untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan nyeri seperti yang ibu Anda alami, yaitu:
  1. Regangan hingga robekan pada otot atau ligamen akibat trauma pada pergelangan tangan
  2. Peradangan dan pembengkakan jaringan yang mengelilingi otot-otot ibu jari akibat penggunaan otot secara berlebihan (tendonitis). Pada keadaan ini nyeri akan lebih terasa saat tangan dikepalkan dengan posisi ibu jari di dalam kepalan.
  3. Sindroma Terowongan Karpal
  4. Fraktur/patah tulang
  5. Pembentukan kista ganglion (jarang menyebabkan nyeri)

Kami menganjurkan agar tangan ibu Anda diistirahatkan selama beberapa waktu, bahkan dengan menggunakan bidai dan perban elastis apabila diperlukan. Selain itu, kompres daerah yang bengkak menggunakan es batu yang dibungkus menggunakan handuk selama 15 menit beberapa kali dalam sehari hingga bengkak berkurang, dan letakkan dalam posisi lebih tinggi daripada jantung. Adapun nyerinya dapat dikurangi dengan obat golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat, natrium diklofenak, dsb.

Mengingat keluhan ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya, kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi penyakit dalam atau syaraf untuk mengetahui dengan pasti kondisi apa yang menyebabkan rasa nyeri pada ibu Anda. Bagaimanapun, diperlukan komitmen dan kerjasama yang baik antara Anda dan dokter untuk menjalankan serangkaian terapi yang diberikan agar hasil yang didapatkan menjadi lebih optimal.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait batuk dan pilek:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,



Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar