Sukses

Efek Samping KB Implan

05 Jul 2014, 19:02 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat siang dok... sudah 4bulan saya pakai alat kontrasepsi implan,akan tetapi sudah 2 minggu lamanya saya selalu keluar darah berwarna hitam,akan tetapi pada jam tertentu saja,hingga puasa yang saya jalani pun terganggu.apakah itu pengaruh dari implan atau bagaimana, terima kasih dok saya tunggu jawabannya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang kontrasepsi implan. Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan.

Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Munculnya flek seperti haid dan ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali. Hal tersebut bukanlah sebuah kondisi berbahaya dan biasa terjadi pasca pemasangan KB implan, karena tubuh mengalami penyesuaian hormon efek dari implan tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • Missz Yanie

    Salam dok.. Saya mau tanya nie. Saya baru saja pasang kb implant jenis indoplant. Tp saya rasa posisi implan nya rapat. Tidak berbentuk huruf V. Tidak apa kah dok ?