Sukses

Pemeriksaan Hormon Tiroid

19 Oct 2014, 12:12 WIB
Pria, 30 tahun.
Dok saya mau tanya, saya waktu bulan mei test hormon tiroid dah hasilnya hormon T3 saya rendah 0.4nmol/L berikut Sccren shotnya: http://prntscr.com/3yvnjg Dokter spesialis tiroid bilang katanya tinggal minum neurobion aja 1x1 tiap hari, tapi dah dua bulan saya konsumsi efeknya masih terasa badan suka lemas. saya pun dah coba cek test darah, urine dan paru2 berikut hasil testnya. test gambar 1 http://prntscr.com/3yvo3h test gambar 2 http://prntscr.com/3yvon1 test gambar 3 http://prntscr.com/3yvotg test gambar 4 http://prntscr.com/3yvoy3 dari 4 test gambar di atas, ada beberapa hasil yang di kasih tanda bintang yang menunjukan hasil di atas atau di bawah batas normal. tapi saya tidak mengerti hasil test tersebut. karena walau kata dokter masih batas normal, tapi badan saya selalu terasa lemas (terutama menjelang sore/ malam).Tenggorokan pun terasa tidak nyaman, suka sakit ketika menelan ludah (tapi klo makan/ minum tidak terlalu sakit). dada saya pun sekarang suka terasa sakit mendadak. adakah saran harus konsultasi ke mana lagi dok ? atau test apa lagi yang harus saya jalani (buat jaga2) karena sakit lemas dan tenggorokan terasa tidak nyaman sudah cukup lama saya rasakan (sekitar 6 bulan lebih). Walau dah 6 bulan kerasa lemas, tapi anehnya 2 kali donor darah di bulan februari dan mei saya lolos.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hasil pemeriksaan darah Anda : 

T3 0,4 nmol/L (dibawah nilai normal)

fT4 dan TSHs dalam batas normal. Hasil pemeriksaan darah yang lainnya juga dalam batas normal.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hormon T3 yang rendah bisa dikategorikan hipotiroid. Namun diagnosa suatu penyakit membutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap, wawancara medis dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). 

Kekurangan hormon tiroid (hipotiroid) yang dapat disebabkan oleh tiroiditis (radang kelenjar tiroid), resistensi hormon tiroid, dan eutiroid sick syndrome. 

Gejala yang mungkin muncul, antara lain:
- Kelelahan
- Peningkatan sensitivitas terhadap dingin
- Sembelit
- Kulit kering
- Peningkatan berat badan
- Suara serak
- Kelemahan otot
- Peningkatan kadar kolesterol darah
- Nyeri, kekakuan dan pembengkakan pada sendi
- Periode menstruasi tidak teratir
- Penipisan rambut
- Denyut jantung lambat
- Gangguan memori
- Depresi

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter Anda.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar