Sukses

Sinusitis

04 Jul 2014, 18:15 WIB
Wanita, 19 tahun.
Malam, Dok. Saya berusia 19 tahun. Sejak SMP akhir saya di beritahu oleh alternatif bahwa saya sinusitis. Begitu di bawa ke pusat THT juga hasilnya sinusitis. Pada umumnya hidung orang normal tidak akan mengeluarkan cairan jika tidak flu, tapi tidak dengan hidung saya. Setiap hari hidung saya mengeluarkan cairan, dalam sehari bisa bersin lebih dari 10 kali bahkan lebih. Saya tidak bisa terkena debu, saya sudah mengurangi minum es. Yang ingin saya tanyakan apa ciri ciri sinusitis, apakah hidung saya yang terus berlendir termasuk dalam sinusitis? Karena yang saya pernah baca bisa juga terjadi karena kebocoran otak. Dan bagaimana cara menyembuhkannya? Setidaknya untuk berhenti bersin. Terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis  Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. Kami tidak dapat memastikan terapi apa yang tepat untuk Anda karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

Berikut adalah link artikel yang dapat membantu memberi informasi tentang Sinusitis:

Sinusitis

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar