Sukses

Haid dan KB Suntik

04 Jul 2014, 18:13 WIB
Wanita, 28 tahun.
Prmisi dok ada yg igin sya tnyakan.sya wanita umur 28th.sudah 4th mnggunakan pil kb dan haid lncar.tp wktu blan kmrin ak tlat sbulan ak kira hamil tp stelah d testpeck 2x hsil'y negatif.dan stelah sya dtang bulan sya ptuskan untuk mngganti kb dngan suntik sbulan skli.tp stelah d suntik tnggal 13 mei 2014 kmrin smpai skarang haid blm jg brhenti walaupun cuma ngeflek aja.yg sya ingin tanyakan apakah sya tdak cocok dngan kb suntik sbulan skli.dan apakah normal dok.cma itu yg ingin sya tnyakan dok terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Kami sertakan artikel untuk informasi Anda lebih lanjut:

Keluarga Berencana 

Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan

Pil KB Dapat Mengurangi Risiko Endometriosis

Coca Cola untuk Kontrasepsi?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar