Sukses

Keluhan Gatal di Tangan & Kaki

02 Jul 2014, 14:21 WIB
Wanita, 23 tahun.
Selamat pagi dok,. saya ingin bertanya tentang masalah kulit. saya mahasiswi umur saya 23 tahun gol darah saya B. kondisi kulit saya tipis dan seringsekali tumbuh jamur. (kutu air) itu terjadi setiap hari dan sering, ini terjadi saat saya menginjak SD kelas 5 sampai skrag. sehingga sangat mengganggu karena gatal.kadang muncul benjolan kecil saat situasi tertentu misalnya saat kediginan, udara lembab, atau terkena bantal atau saat diam. tumbuhnya di tangan, jari, kaki. dan karena kulit saya tipis sehingga garuk sedikit langsung menimbulkan luka. Tetapi yang menyebalkan luka saya gampang berbekas dan tidak pudar bekas lukanya bahkan ada luka semenjak sd belum hilang.bagaimana dok, saya sudah putus asa menghadapi kutu air ini.Apa penyebabnya dan bagaimana mengatsi hal ini dan obatnya yang cocok . terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan gatal di kulit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  2. Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung untuk mengetahui diagnosa suatu penyakit. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar