Sukses

Gatal & Ketombe di Kepala

17 Oct 2014, 22:33 WIB
Wanita, 22 tahun.
Asalamualaikum Dok saya mau nanya, saya seorang mahasiswa yang mengalami gatal di bagian kepala dan ketombe yang begitu banyak dan besar besar dok. saya mau naya bagaimana cara y supaya ketombe saya itu bisa dihilangkan dok dan obat apa yg harus saya gunakan dok... karna saya merasa malu saat membuka jilbab.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ketombe disebabkan oleh jamur. Ketombe yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung.

Ketombe seringkali menyebabkan rambut rontok, maka dari itu yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi ketombe. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar. 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. Jika Anda berjilbab, memang sebaiknya disarankan jangan memiliki rambut yang terlalu panjang karena dapat membuat kulit kepala semakin terasa panas dan semakin lembab.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai rambut rontok dan ketombe:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar